jump to navigation

Migration to Gnu Linux

Delapan Alasan Untuk Pindah

Di bawah ini 8 alasan untuk berpindah ke Linux, sistem operasi yang bebas:

  1. Linux bersifat gratis. Downloadlah dari Internet dan instal sekarang juga.
  2. Upgradenya juga gratis. Temukan kernel di Internet dan downloadlah versi yang terakhir untuk sistem anda.
  3. Linux bisa menjalankan Win3x, 95, 98, dan sebagainya. Beberapa program, tidak semua. Program anda akan dapat berjalan dan terlihat mirip dengan Windows. Temukan proyek Wine. Mereka mencoba untuk 100% bebas dari kode milik Microsoft, untuk menyebarkan kebebasan dalam mengerjakan segala sesuatu dengan PC. Mereka menggunakan API milik Windows, dan menulis kodenya untuk digunakan secara bebas! Jika program Windows tidak bisa berjalan dengan WINE atau WABI, sistem Linux dapat pula diinstal SETELAH anda menginstal Windows. Kemudian bootloader LILO akan dapat mem-boot Linux maupun Windows, tanpa merasa terganggu dengan setup Windows anda yang rawan dan tidak stabil. PC dual-boot dapat menjalankan hampir semuanya, dan rasanya begitu hebat, tetapi membutuhkan banyak tempat. Berkreasilah dengan The GIMP, kirimkanlah ke Internet, simpanlah di DOS dan gunakanlah pada suite office anda.
  4. Linux bisa menjalankan DOS. Beberapa program, tidak semuanya. Lihatlah dual-boot di atas. Program anda akan dapat berjalan dengan menggunakan Dosemu. Dosemu akan membuat program melihat sebuah sistem DOS di dalam mesin anda, dan mereka akan dapat berjalan. Ya, bahkan Warlords II dapat berjalan dengan baik. Anda hanya butuh sebuah versi DOS yang tidak gratis untuk diinstal, dan disarankan untuk menggunakan sebuah partisi harddisk.
  5. Linux pun bisa menjalankan Unix. Linux anda adalah versi PC dari sistem operasi Unix yang powerful. Berbagai universitas, NASA, institusi riset, ilmuwan komputer dan para pengembang software telah menggunakannya sejak dulu kala. Anda sekarang telah memiliki akses Internet menuju ke ribuan program. Mulai dari utilitas yang sulit digunakan sampai sistem produktivitas yang dikembangkan secara menyeluruh. Oh, ngomong-ngomong, mereka pun bebas didownload dan ditulis oleh otak-otak terbaik dari dunia komputer. “Microserfs” (yang direkrut oleh monopoli), adalah yang terbaik yang tertinggal di dunia mereka yang terbatas dan asing, sehingga para pemikir bebas tulen dapat menulis program-program yang inovatif, hebat dan tak terbatas, yang dapat memecahkan persoalan-persoalan dunia nyata.
  6. Linux dapat menjalankan Macintosh. Ya, anda hanya membutuhkan emulator, dan program Mac anda akan melihat sebuah sistem Mac pada PC anda. Ada yang ingin main Playmaker Football?
  7. Linux begitu cepat jika digunakan sebagai sebuah network server atau untuk multi-tasking. Komunitas ISP (Internet Service Provider) menjadi area pertumbuhan yang besar untuk Linux, dengan lebih 20% dari mereka menggunakannya. Persentase tersebut terus bertambah seiring dengan berkurangnya mainstream. Pemilihan Linux sebagai sistem produktivitas perkantoran anda adalah benar-benar tepat: kecepatan, serba guna, harga (gratis), awet (gratis), dukungan (gratis dari Internet), dan kemudahan beradaptasi. Upgrade tidak membutuhkan biaya dan anda akan selalu mengikuti semua inovasi yang ada dalam berkomputer dengan sesungguhnya, dengan kemampuan anda untuk menjalankan semua sistem operasi yang berbeda dan software mereka pada satu mesin. Ada pertanyaan?
  8. Anda berkontribusi kepada ekspresi kebebasan berpikir dan bertingkah laku jika anda memilih Linux, sistem operasi yang bebas. Sebaliknya, tanyakanlah kepada diri anda, ‘Berapa kali saya membayar untuk melakukan upgrade pada sistem saya?’. Jika jawabannya adalah satu kali atau lebih, berarti anda membayar terlalu banyak. Sekali lagi, tanya diri anda ‘Apakah saya harus melakukan upgrade ketika pemilik sistem operasi mengatakan kepada saya untuk melakukan upgrade?’. Jika software anda berjalan dengan baik ketika anda disuruh untuk melakukan upgrade, lalu siapa yang mengatur kehidupan anda?

Akhirnya, tanya diri anda ‘Apakah dengan mengikuti dikte dari monopoli Windows-Intel menjadikan saya sebagai seorang pemilik PC yang independen?’. Jika anda tidak dapat menjalankan sebuah bagian dari software yang sepertinya bisa berjalan seperti yang anda inginkan, karena ia tidak tersedia untuk “sistem operasi” anda, lalu mengapa anda membiarkan diri anda dibatasi oleh pemilik dari monopoli “sistem operasi”?

Berpindah ke Linux akan membuat anda dapat menjalankan software yang pernah anda dengar dan membiarkan anda memilih program mana yang anda inginkan; program mana yang anda butuhkan; dan yang paling penting, kapan anda harus membelinya.

Dengan tetap mengikuti jadwal Microsoft, sebagai contoh, anda akan membeli upgrade untuk “sistem operasi” anda pada sepuluh tahun terakhir. DOS 6.22, Windows3x, Windows95 (DOS 7.0) dan Windows98 memiliki sebuah alur yang tidak dapat dihindari yang dibangun pada “rilis” mereka sehingga anda secara rutin memberikan uang anda kepada orang terkaya di planet ini. Lonjakan keuangan yang rutin tersebut menjaga Microsoft untuk selalu punya banyak uang, membayar para investor dan membatasi pilihan pada 90% pengguna PC yang terjebak pada lingkaran upgrade yang diciptakan Microsoft.

Mengapa saya begitu teguh dalam menjaga pendirian saya untuk tidak setuju kepada monopoli? Alasannya adalah bahwa pada Mei 1998, Microsoft “merilis” Windows98. Hal itu menyebabkan sebuah gelombang pembelian yang besar-besaran kepada Microsoft, karena para pengguna yang terbelenggu benar-benar merasa khawatir akan tertinggal oleh putaran “inovasi”. Pada saat yang sama, sebuah press release di TV mengklaim bahwa Windows98 telah memperbaiki tiga ribu (3.000) bug yang ada pada “sistem operasi” Windows95. Hanya sebuah monopoli yang akan membiarkan anda mengetahui bahwa anda telah dipaksa dengan tiga ribu (3.000) bug pada software yang terakhir anda beli. Sebagai akhir dari ironi ini, pemerintah US dan 20 negara bagiannya telah membawa Microsoft ke meja pengadilan sebagai penolakan akan pembatasan pilihan yang mereka terapkan pada konsumen dalam hal browser apa yang digunakan di Internet.

Hal tersebut memunculkan pertanyaan yang logis: apakah anda, pengguna PC, mempunyai pilihan bagaimana menjalankan PC anda dan mendapatkan hanya program yang anda inginkan atau butuhkan. Jawabannya adalah bahwa peraturan yang diterapkan adalah tidak logis, mengingat anda sebagai konsumen dapat menjalankan Linux, menggunakan hanya program Microsoft yang anda inginkan dan menjalankan browser apa saja yang anda inginkan, semua dalam satu PC. Microsoft dapat memisahkan para tahanan mereka ke dalam tipe kekacauan apa saja yang diinginkan, hanya karena anda dapat memilih untuk menjalankan Linux dan masih dapat terhubung ke lingkungan karena ke-serbaguna-an yang anda miliki.

Bisnis anda dapat menjalankan software yang sama seperti rekan anda dan berbagi tipe file yang sama dan dapat terkoneksi secara menyeluruh, bahkan dengan tambahan 10% pasar yang bukan Windows-Intel. Anda menang dan anda menang dengan Linux.

Copyright © 1998, Bill Bennet
Published in Issue 30 of Linux Gazette, July 1998
Diterjemahkan oleh
Triyan W. Nugroho

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: